Penggunaan komputer pada era modern ini telah menjadi suatu hal yang sangat umum bagi berbagai macam kalangan di sekitar kita, mulai dari anak kecil, pelajar, dan bahkan para pekerja, hampir semua manusia pernah setidak nya satu kali dalam hidup mereka mengoperasikan ataupun menggunakan komputer.

 

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan komputer, kita bisa bermain game, bisa mengakses internet dan mendapat segala macam informasi yang kita inginkan, dan bahkan jika kita ingin menikmati hiburan yang paling kita inginkan, komputer pasti dapat menyediakan hiburan tersebut.
Dengan menggunakan komputer, kita bisa mempermudah segala macam kegiatan, seperti menggambar, mendesain dan lain lain. Bahkan hampir setiap perusahaan di dunia ini pasti menggunakan komputer dalam proses kerja mereka, karena dengan menggunakan komputer pasti bisa mempermudah segala hal.
Namun apakah Anda tahu bagaimana bisa komputer tersebut membantu para pekerja tersebut?, jawabannya adalah Jaringan Komputer.
Jaringan komputer juga bisa disebut dengan Computer Network adalah penghubungan antara satu komputer dengan komputer lain yang dihubungkan melalui sebuah media penghubung yang ada di komputer itu sendiri dengan tujuan untuk saling berbagi antar satu komputer dengan komputer yang lain.
Yang akan kita bahas pada artikel ini adalah sebuah topologi dari jaringan komputer ini, lebih tepat nya adalah topologi peer to peer. Topologi jaringan komputer sudah banyak di aplikasikan di kantor kantor hampir di seluruh dunia, karna dengan menggunakan topologi jaringan, segalanya akan terasa lebih mudah dan efisien. Para pekerja tidak akan membuang buang waktu jika di kantor tersebut menggunakan sebuah topologi jaringan.
Definisi Topologi Peer to Peer
Teknologi peer to peer mungkin adalah sebuah topologi jaringan yang paling simple atau paling sederhana jika di bandingkan dengan topologi topologi lainnya, karena topologi peer to peer ini hanya menghubungkan dua komputer dan hanya menggunakan satu kabel saja pada rangkaian penggunaannya. Sehingga dapat di artikan bahwa topologi peer to peer tidak memerlukan sebuah server. ini berarti setiap komputer dalam topologi peer to peer dapat menjadi client atau server.
Biaya pemasangan topologi peer to peer ini sendiri sudah termasuk murah bila di banding kan dengan biaya pemasangan topologi lainnya, jika ada dua komputer yang menggunakan Network Interface Card atau juga bisa di sebut dengan kartu NIC, komputer tersebut dapat menggunakan topologi peer to peer, karena dengan NIC itu lah topologi peer to peer bisa terhubung.
Setelah komputer komputer yang di hubungkan dengan menggunakan topologi peer to peer terhubung, pengguna komputer pun akhirnya dapat mulai mengirimkan data atau file dan informasi yang mau mereka kirim kan dengan ter-arah dan juga langsung dengan cepat.
Kelebihan dari Topologi Peer to Peer
1.      Pengiriman file atau informasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sesuai dengan keinginan pengguna komputer.
2.      Biasanya pemasangan dari topologi peer to peer ini lebih murah di banding pemasangan topologi lainny, hal ini di karena kan topologi ini tidak memiliki server.
Semoga sedikit yang saya sampai kan tentang Topologi peer to peer di atas dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan mana dari topologi topologi yang ada yang akan Anda pilih sebagai topologi yang akan Anda gunakan.
Lakukan pemilihan dengan bijak sesuai dengan kebutuhan Anda, agar tidak menjadi sebuah pemborosan. Terima kasih dan semoga sukses.