Salam sejahtera untuk teman-teman sekalian, artikel kali ini akan membahas tentang sebuah topologi dari jaringan komputer, teman-teman pasti tahu kan apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini.
Jaringan komputer atau yang biasa disebut dengan Jaringan, adalah sebuah system telekomunikasi yang dapat membuat satu komputer bisa saling berkomunikasi dengan komputer lainnya. Tujuan jaringan komputer ini sendiri adalah mempermudah para pengguna komputer untuk bekomunikasi atau melakukan kegiatan mengirim dan menerima file dengan para pengguna komputer lain tanpa harus membuang banyak waktu.
Kembali ke topik, topologi yang akan kita bicarakan kali ini adalah topologi jaringan ring, seperti yang kita ketahui, jaringan komputer memiliki 8 topologi yakni topologi ring, topologi mesh, topologi peer to peer, topologi star, topologi bus, topologi linier, topologi tree dan topologi hybrid.
Di mana masing-masing dari topologi memiliki kelebihan dan kekurangannya.Apa itu Topologi Ring?
Topologi cincin atau yang biasa disebut dengan topologi ring merupakan Topologi yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain dalam rangkaian melingkar seperti cincin, topologi ini berbentuk sebuah rangkaian titik titik yang dimana titik titik tersebut membentuk sebuah lingkaran yang akan terlihat seperti cincin. Tiap tiap komputer akan terhubung oleh satu kabel tunggal.
Sinyal dari topologi ring ini akan mengalir terus berulang-ulang tanpa ada ujung nya, hal ini biasa di sebut dengan proses berulang (looping).

Cara Kerja dari Topologi Ring
Setiap perangkat yang ada di topologi ring ini akan bekerja sama karena setiap node yang mempunyai fungsi sebagai repeater atau penguat sinyal bagi node selanjutnya ataupun sebelumnya.

Ciri-ciri dari Topologi Ring
Topologi Ring mempunyai karakteristik atau ciri khas tersendiri yang berbeda dari topologi toplogi lainnya, berikut adalah ciri-ciri dari topologi ring :

• Jika ada dari salah satu node yang rusak, maka kerusakan dari node tersebut akan berpengaruh kepada node node yang lain.
• Untuk melakukan sebuah proses pengiriman data di saat yang bersamaan, hanya bisa dilakukan dengan satu node dan satu jalur.
• Satu komputer dengan komputer lainnya terhubung satu sama lain secara langsung dengan satu node
• Kabel UTP merupakan kabel yang paling sering di gunakan pada topologi ring ini.
Toplogi Jaringan Ring – Kelebihan serta Kekurangan dari Topologi Ring
Jika topologi topologi lain dalam sebuah jaringan komputer memiliki kekurangan dan juga kelebihan maka topologi ring pun juga demikian.
Kelebihan :
• Penggunaan kabel dalam topologi ring tergolong hemat jika di bandingkan dengan topologi topologi yang lain.
• Untuk pengimplementasian dan juga pemasangannya sangatlah mudah dan sederhana.
• Saat melakukan pengiriman data sebuah collision atau tabrakan tidak akan terjadi, hal ini di sebabkan oleh penggunaan satu node
Kekurangan :
• Saat satu node rusak, maka node node yang lain akan terganggu atau mengalami error. Bisa di atas di atasi menggunakan dual ring atau cincin ganda.
• Perlu pengolahan dan penanganan khusus

Setelah sahabat mengetahui apa saja yang perlu di ketahui pada topologi jaringan ring, saya harap sahabat dapat mempertimbangkan akankah sahabat benar benar ingin menggunakan topologi ring ini pada jaringan komputer sahabat.
Semoga sedikit artikel di atas dapat membantu dan juga menambah sedikit pengetahuan kita tentang topologi jaringan komputer, khususnya pada topologi ring.