Membuat sebuah teks ceramah terkadang terlalu rumit apabila tidak ada panduan yang benar. Berikut saya jelaskan tips membuat teks ceramah yang baik dan benar.

Pengertian

Teks ceramah adalah sebuah tulisan yang berisi beberapa paragraf yang mengandung suatu informasi pengetahuan atau ajakan kepada khalayak umum (masyarakat). Meskipun banyak orang mengatakan bahwa cerah sama halnya dengan pidato. Tentu ceramah dan pidato tidaklah sama.

Struktur

Dalam teks ceramah ada beberapa unsur yang membedakannya dengan teks pidato, berikut saya jelaskan.
1. Pembukaan
Bagian pembukaan adalah sebuah awal mula pengenalan sebuah informasi yang akan disampaikan. Pada bagian ini berisi tentang pandangan pembicaraan sebuah topik yang akan dibahas, biasanya berupa isu dan masalah.
2. Isi
Bagian ini merupakan suatu rangkaian pendapat yang disampaikan oleh pembicara mengenai topik yang diangkat menjadi bahan materi ceramah. Pada bagian ini berkaitan erat dengan bagian awal tadi. Hanya saja bagian isi berupa argumen dan diperkuat dengan beberapa fakta yang ada untuk meyakinkan pembaca.
3. Penutup
Bagian penutup bisa disebut juga sebagai bagian untuk menegaskan informasi yang telah disampaikan. Bagian ini berisi kesimpulan sebagai hasil penalaran dari pernyataan-pernyataan pada bagian isi.

Apabila Anda ingin mempengaruhi masyarakat dari teks ceramah yang Anda buat, disarankan untuk membuatnya sesuai struktur teks ceramah yang benar dan tepat. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap pola pikir pembaca saat membaca dan memahami isi materi ceramah yang Anda sampaikan.

Ciri


Teks ceramah berisikan pesan yang bertujuan untuk memberi nasehat kepada masyarakat. Selain itu, isi materi ceramah ini bersifat menghibur, membagi informasi, dan membujuk atau mengajak. Serta isi materi ceramah dapat dimanfaatkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan


Tujuan pembuatan teks ceramah yaitu untuk memudahkan pembaca dalam menyusun bahan pembicaraan saat akan melakukan ceramah. Apalagi sasaran ceramahnya adalah orang-orang yang sudah sepuh. Sehingga butuh perhatian yang khusus dengan tata bahasa yang mudah dipahami dan jalan pembicaraan yang mudah dimengerti.

Kaidah Kebahasaan


Untuk membuat teks ceramah yang baik dan menarik, Anda harus mengikuti kaidah kebahasaan yang sesuai dengan teks ceramah. Berikut saya jelaskan.
1. Teks ceramah menggunakan kata ganti orang pertama, seperti saya, aku, kami (apabila penceramah mengatasnamakan kelompok). Penggunaan kata ganti orang pertama ini dikarenakan teks ceramah adalah suatu hasil pembicaraan dari seseorang atau kelompok kepada masyarakat. Bukan sebuah ajang diskusi dimana bisa menggunakan kata ganti orang ketiga.
2. Teks ceramah bisa menggunakan kata ganti orang kedua jama, seperti: saudara-saudara, hadirin, dan lain-lain. Hal ini berkaitan dengan sasaran pembicaraan yaitu orang banyak, jadi harus menggunakan kata ganti orang kedua.
3. Berhubung teks ceramah ini adalah suatu informasi persuasif, maka harus menggunakan kata ajakan, seperti: sebaiknya, seharusnya, hendaknya, perlu, dan lain-lain.
4. Menggunakan kata mental, seperti mengagumkan, menyimpulkan, memprihatinkan, dan lain-lain. Hal ini bertujuan sebagai penekanan kuat terhadap suatu permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu pembicara mengajak para pembaca untuk mengikuti informasi menurut isi materi ceramah yang disampaikan.
5. Menggunakan kata-kata yang menyatakan hubungan perbandingan atau pertentangan, antara masa lalu dan masa sekarang, seperti sebelum itu, berbeda halnya, dan lain-lain. Hal ini merupakan suatu cara untuk membawa pembaca kepada keadaan sebelumnya atau situasi sebelumnya. Sehingga pembaca akan berusaha untuk membandingkannya dengan masa lalu dan menarik kesimpulan dari itu semua. Hingga pada akhirnya, pembaca akan ikut merasakan isi materi ceramah dan menyetujui semua informasi yang ada dalam materi.
Sekian dan terima kasih.