Ketika Anda telah mengalami sesuatu, atau hanya berlibur dengan pergi ke suatu tempat, alangkah baiknya jika Anda menceritakan kisah Anda, bukan? Bahkan walaupun cerita Anda sudah lewat beberapa hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun yang lalu. Dengan menceritakan kisah Anda, maka Anda akan membuatnya abadi. Bukankah sharing adalah bagian dari kebahagiaan kan? Kemudian, menceritakan kisah Anda, bahkan meskipun menjadi peristiwa di masa lalu, akan menjadi suatu keharusan bagi kita. Jadi, Anda perlu belajar tentang Text Recount.

Definisi Text Recount

Text Recount adalah teks yang menceritakan kembali tentang pengalaman atau cerita seseorang yang terjadi di masa lalu. Bisa jadi cerita tentang liburan seseorang, cerita mengejutkan, momen memalukan, pengalaman mendebarkan, cerita lucu, atau bisa juga semacam kisah cinta. Jadi, teks recount memiliki tujuan baik untuk memberi informasi atau menghibur pembaca.

Karakteristik Dari Teks Recount

Ciri yang paling jelas dari teks recount adalah dengan menggunakan simple past tense. Jadi, Anda harus menggunakan V 2 untuk membuat teks recount. Anda  juga harus menggunakan kata keterangan waktu  yang menunjukkan waktu lampau, seperti: last night, two days ago, last week, two  months ago, atau  some years ago. Selain itu, dalam beberapa teks, Anda akan menemukan beberapa hubungan kronologis untuk menunjukkan kronologi ceritanya. Bisa seperti; first, then, after that, finally, dan seterusnya.

Struktur Umum Teks Recount

Ada tiga bagian utama dari teks recount. Yang pertama adalah orientasi. Hal ini terletak di bagian awal teks. Pada bagian ini, penulis akan memberikan sebuah penantar cerita. Bisa jadi dengan perkenalan pelaku atau tokoh yang adala dalam cerita tersebut, mungkin penulis sendiri, keluarga, teman sekelas, teman sekamar, atau bisa jadi musuh penulisnya. Selain itu, Anda sangat perlu untuk menceritakan di mana acara atau peristiwa tersebut berlangsung. Anda bisa menggambarkan tentang tempat tersebut dengan memberi tahu secara khususdengan menyebutkan nama lokasi dan alamat ataupun ditambahkan dengan berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi tersebut atau hanya sekilas. Hal terakhir yang harus Anda ceritakan dalam orientasi adalah tentang waktu ketika peristiwa atau acara tersebut terjadi. Hal ini akan menjadi informasi yang berguna bagi pembaca.

Bagian kedua dari struktur generik dalam teks recount adalah ‘events’ yang menceritakan tentang kejadian, peristiwa ataupun acara yang telah terjadi. Ini adalah bagian utama teks recount. Anda bisa menjelaskan acara tersebut, bahkan menggambarkan bagaimana kejadiannya di masa lalu. Bisa dimulai dari latar belakang ceritanya, lalu bisa dilanjutkan dengan menceritakan apa yang terjadi di kemudian hari. Pada bagian ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah membayangkan tentang kejadian masa lalu Anda, dari awal hingga akhir cerita Anda. Lalu, cukup bagikan dengan tulisan Anda.

Kemudian, kita sampai pada bagian terakhir dari struktur generic yang ada di teks recount. Bagian ini biasa disebut ‘reorientation’. Ini adalah bagian opsional pada teks recount. Jadi, Anda boleh menuliskannya, ataupun tidak perlu menuliskannya. Anda boleh menulisnya, atau hanya mengakhiri tulisan Anda pada kejadian tersebut sebagai bagian kedua dari struktur generik. Reorientasi membahas tentang komentar atau kesimpulan dari peristiwa yang terjadi. Hal ini biasanya menyatakan tentang perasaan pribadi penulis. Atau bisa juga kesan penulis, atau saran kepada pembaca yang diambil dari pengalaman penulis. Atau bisa jadi berisi tentang ajakan penulis kepada pembaca untuk mengujungi suatu tempat atau destinasi wisata.

Contoh Text Recount

My Vacation with Family

Two weeks ago, I, my parents and my brother went to Petanahan beach in Kebumen. It took only 30 minutes to go there. There were so many foods and drinks that we brought. Arriving there, we were just having a talk and enjoying the foods. It was really fantastic for seeing a sunset with my beloved family.