Jika Anda membeli produk elektronik, Anda harus membaca panduan yang biasanya tercantum dalam kemasan produk. Penduan ini menunjukkan langkah bagaimana kita menggunakan produk. Jika Anda tidak membaca panduan dengan baik, atau bahkan tidak melaksanakann langkah-langkah yang dijelaskna dalam panduan tersebut, produk, itu tidak akan bekerja dengan baik, atau yang terburuk, produk tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, kita perlu membaca panduan ini dengan seksama dan memastikan bahwa kita melakukan instruksi dengan benar.

Sama halnya saat Anda membeli produk makanan, bisa jadi semacam mie, pasta, puding, atau sesuatu yang lain yang harus dimasak terlebih dahulu, pastinya penting untuk membaca panduan cara memasak produk makanan  tersebut terlebih dahulu. Akan memalukan jika mie Anda tidak bisa dimakan lagi hanya karena kesalahan Anda dalam proses memasak, bukan?

Membaca dan mengikuti panduan atau instruksi produk tertentu, apakah itu tentang cara menggunakan atau cara membuat produk, benar-benar dibutuhkan. Ngomong-ngomong, apa Anda tau? Tanpa disadari, saat Anda membaca panduan atau instruksi suatu produk, maka sebenarnya Anda sedang belajar tentang teks prosedur.

Apa yang dimaksud dengan text prosedur?

Teks prosedur adalah teks yang menunjukkan bagaimana sesuatu digunakan, dilakukan, atau dibuat dengan cara menggambarkan dan menjelaskan urutan langkah yang harus dilakukan untuk tujuan tertentu. Text prosedur ini bercerita tentang bagaimana cara menggunakan, bagaimana melakukan, atau bagaimana membuat sesuatu, apapun itu. Dari hal-hal yang sederhana seperti menyalakan computer ataupun kompor, sampai cara-cara yang rumit seperti bagaimana cara merakit robot atau alat dengan teknologi canggih.

Karakteristik teks prosedur

Di bawah ini adalah beberapa ciri-cirI atau karakteristik sebuah text prosedur:

  • Teks terdiri dari beberapa langkah yang dimulai dengan menggunakan kata kerja imperatif seperti: terbuka, bersihkan, letakkan, iris, potong, masukkan, aduk, sisipkan, tuangkan, dan seterusnya.
  • Simple present tense digunakan dalam teks ini. Jadi Anda harus menggunakan V1 dalam membuat teks semacam ini.
  • Anda akan menemukan konjungsi temporal dalam Teks Prosedur seperti: yang pertama, yang kedua, ketiga, berikutnya, kemudian, setelah itu, akhirnya, selanjutnya dan seterusnya.

 

Struktur generic dari text prosedur

  • Tujuan teks

Tujuan teks menunjukkan tentang untuk apa yang teksnya dirancang. Sebagian besar, tujuan pembuatan text ini dinyatakan sebagai judul teks, misalnya ‘How To Use A Computer’ atau ‘How to make a cup of Tea’.

  • Bahan yang harus disiapkan

Bagian ini berisi bahan apa yang harus digunakan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Dalam beberapa teks prosedur yang bercerita tentang cara memasak sesuatu, akan ada bahan yang harus disiapkan untuk membuat makanan. Tapi, ada kemungkinan bagian ini tidak akan diberikan dalam beberapa teks prosedur, terutama dalam teks prosedur yang menceritakan tentang bagaimana menggunakan sesuatu. Anda tidak akan menemukan hal ini baik dalam teks ‘Cara menggunakan mesin ATM’, atau ‘Cara menggunakan ponsel’.

  • Langkah atau tahapan yang harus dilakukan

Bagian ini adalah hal yang paling penting dalam teks. Menunjukkan beberapa langkah atau tahapan dalam bentuk tindakan yang harus dilakukan oleh pembaca, untuk mencapai tujuan teks. Keberhasilan atau kegagalan untuk membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu bergantung pada seberapa baik pembaca mengikuti langkah atau tahapan yang telah disediakan dalam teks. Jadi harus dinyatakan dengan jelas dan mudah dimengerti. Langkah-langkahnya sebagian besar diberikan dalam bentuk kalimat imperatif yang diprakarsai oleh konjungsi temporal.

Berikut ini adalah contoh text prosedur:

Making a sandwich

Materials

*     breads
*     honey
*     strawberry
*     butter

Steps
*     Take the breads
*     Spread the butter on the bread
*     Cut the strawberry into thin slices and put them on the bread
*     Pour the honey over the strawberry
*     cover the bread with another slice of bread