Selamat malam sahabat ilmuku, pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi bahasa indonesia tentang Teks Eksplanasi. 

 

 
 
 
Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ mengenai suatu topik yang berhubungan dengan alam,sosial,ilmu pengetahuan,budaya dan lainnya dapat terjadi. Teks Eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca agar dapat memahami tentang suatu fenomena yang sedang terjadi.
Struktur Teks Eksplanasi
Struktur Teks eksplanasi ada tiga yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat,dan interpretasi.
  1. Pernyataan Umum, pada bagian ini berisi tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya dan proses terbentuknya.
  2. Urutan sebab akibat, pada bagian ini berisi tentang detail penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya suatu peristiwa secara urut dari awal hingga akhir.
  3. Interpretasi, pada bagian ini berisi tentang kesimpulan atau pernyataan topik yang telah dijelaskan.
Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Ciri-Ciri Teks Ekspanasi ada tiga yaitu :
  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta.
  3. Fakta tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah.
Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi 
  1. Memuat informasi berdasarkan fakta.
  2. Membahas informasi yang bersifat ilmiah.
  3. Lebih banyak memakai kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  4. Bersifat informatif dan tidak mencoba mempengaruhi pembaca untuk mempercayainya.
  5. menggunakan kalimat pasif.
  6. Fokus pada hal umum, bukan partisipan manusia, seperti banjir, gunung meletus, dan gempa bumi.
Contoh Teks Eksplanasi 
 
Banjir
Pernyataan Umum : 
Banjir merupakan peristiwa bencana alam yang dampaknya meliputi kerusakan fisik, moril dan materil. Ada dua jenis banjir, yakni banjir besar atau bandang dan banjir kecil. Banjir bandang ditandai dengan meluapnya air dengan volume besar yang menerjang dan menggenangi pemukiman warga. Banjir inilah yang menyebabkan banyak kerusakan, seperti pada jalan, jembatan, struktur bangunan dan lain-lain.
Urutan Sebab Akibat
Meskipun sebuah bencana alam, banjir tidak hanya disebabkan oleh faktor alam, tetapi juga ada faktor manusia. Beberapa faktor alam yang menjadi sebab timbulnya banjir antara lain, curah hujan tinggi, letak geografis suatu daerah, pasang naik air laut dan letak daerah yang berada pada cekungan sehingga air sulit mengalir.
Faktor yang berasal dari manusia diantaranya penebangan hutan secara liar, buang sampah sembarangan, tidak melakukan reboisasi hutan dan lain sebagainya yang disebabkan oleh tangan manusia.
Dampak banjir bandang bagi kehidupan manusia begitu luas. Banyak barang berharga hilang terbawa arus air yang deras. Fasilitas-fasilitas umum rusak parah, air bersih sulit didapat dan dalam jangka pendek akan timbul berbagai penyakit.
Dampak lainnya adalah pembangunan kembali sarana dan prasarana yang membutuhkan waktu dan biaya yang banyak.
Interpretasi
Banjir merupakan bencana alam yang tidak bisa dihindari, namun bisa kita cegah. Cara yang paling sederhana yaitu dengan selalu membuang sampah pada tempatnya sehinga saluran air tidak tersumbat.
Menanam kembali hutan yang gundul juga menjadi solusi karena akar pada tumbuhan mampu menyerap air.
Nah itu pembahasan tentang teks eksplanasi , semoga bermanfaat.