Selamat malam sahabat ilmuku, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Sejarah Perkembangan HTML, seblum saya membahas lebih jauh tentang HTML alangkah baiknya kita mengetahui Sejarah HTML terlebih dahulu.

 

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Bernes-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Bernes-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN . Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.
Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut “tanda HTML”, pertama kali disebutkan di internet oleh Tim Bernes-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

Tim Berners-Lee

HTML adalah bahasa markah yang digunakan untuk peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainya ke dalam halaman web secara visual maupun suara, karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. Banyak elemen teks yang ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1998 TR9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi. Perintah-Perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga, HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.

 

HTML versi 2.0

Pada HTML Versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya web interaktif.

HTML versi 3.0

Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti FIGURE yang merupakan perkembangan dari IMAGE untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang disebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera digantikan dengan versi 3.2.

 

HTML versi 3.2

HTML versi ini merupakan HTML yang sering digunakan. Di dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan teks di sekeliling gambar, gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML versi ini Kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML kita tersebut, seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

HTML versi 4.0

HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya yaitu HTML 3.2. Perubahan ini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form dan lain-lain.

HTML versi 4.01

HTML versi 4.01 merupakan revisi dari HTML 4.0. Versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi terdahulunya. HTML 4.01 ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

 

HTML versi 5.0
Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, tetapi pada tanggal 4 Maret 2010 terdapat sebuah informasi bahwa W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0 telah mengmbangkan versi HTML terbaru, yaitu versi 5.0.
HTML 5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript.
<!DOCTYPE HTML>

<html>

<head>

<title>Ilmuku</title>

</head>

<body>

<p>Selamat datang sahabat Ilmuku </p>

</body>

</html>

Nah itu sedikit pembahasan mengenai sejarah perkembangan HTML. Mohon dikoreksi jika ada yang salah  , terimakasih semoga artikel ini bermanfaat