Tahukah Anda sebelum membuat teks prosedur, ada baiknya jika mengetahui pengertian, struktur, ciri, tujuan, langkah-langkah, dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur. Dengan mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan teks prosedur ini, maka Anda pun akan terasa lebih mudah dalam menuliskan teks tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Struktur dan Tujuan Teks Prosedur

Teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan atau tindakan tertentu secara berurutan dinamakan dengan teks prosedur. Struktur dari teks prosedur adalah :

1. Bagian Tujuan
Bagian tujuan dari teks prosedur adalah berisi judul, tujuan tersebut dan hasil akhir dari pembuatan teks prosedur. Bagian tujuan lebih menonjolkan kepada apa yang akan didapatkan ketika melakukan tahapan pada teks prosedur yang ditulis.

2. Bagian Material
Bagian material menjelaskan tentang bahan atau alat material yang dibutuhkan. Kebanyakan bagian material ini terdapat pada teks prosedur mengenai cara memasak.

3. Bagian Langkah-Langkah
Bagian langkah-langkah adalah prosedur yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan bagian tujuan dari yang dituliskan dalam teks. Bagian ini menuliskan langkah secara urut yang harus dilakukan oleh pembaca.

Sementara tujuan dari teks prosedur adalah untuk membantu pembaca memahami bagaimana cara melakukan sesuatu sesuai apa yang dituliskan dalam teks. Nah, dengan memahami pengertian, struktur, ciri, tujuan, langkah-langkah, dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur, maka Andapun bisa membuat teks prosedur.

Ciri dan Langkah-langkah dalam Teks Prosedur


Ciri-Ciri dari Teks Prosedur adalah :
1. Terdapat pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.
2. Menggunakan kata kerja aktif
3. Menggunakan konjungsi.
4. Menggunakan kata keterangan.
Sementara itu dalam membuat teks prosedur, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :
1. Menyusun prosedur yang akan ditulis.
2. Mencari data yang akurat.
3. Mempelajari  data tersebut.
4. Lakukan analisis berdasarkan data yang diperolah
5. Praktikkan kembali prosedur agar tepat dan logis.
6. Setelah praktek berhasil, tulis ke dalam prosedur.

Kaidah Kebahasaan Dalam Sebuah Teks Prosedur

1. Partisipan Manusia
Terdapat orang yang ikut serta dalam  apa yang diceritakan
2. Pronomina
Pronomina adalah istilah kata ganti yang sering digunakan pengarang untuk menamai seseorang secara tidak langsung. Bisa juga pronomina digunakan untuk menggantikan benda dan sesuatu hal secara tidak langsung.
3. Pengacuan
Pengacuan  merupakan alat kohesi  yang digunakan oleh penulis teks biografi untuk terhindar dari pengulangan kata. Penting kaitannya bagi seorang penulis untuk berpedoman pada pengacuan agar terhndar dari pengulangan kata yang sama secara terus-menerus.
4. Konjungsi Temporal
Kata hubung yang menunjukkan urutan waktu kejadian dinamakan konjungsi temporal. Contoh dari konjungsi temporal adalah lalu, setelah itu, saat, kemudian, ketika, dan lain-lain. Bisa juga menggunakan konjungsi dan, seperti, karena, tetapi, meskipun dan lain-lain.
5. Kata Keterangan
Kata keterangan adalah kata yang menunjukkan sebuah kejadian atau peristiwa, waktu dan tempat. Bisa pula kata keterangan menunjukkan cara atau alat.
6. Kata hubung
Kata hubung adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lainnya.
7. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan.
Adanya bilangan sebagai penanda urutan dalam teks prosedur.
8. Terdapat kalimat introgatif
Adanya kalimat introgatif yang berisikan pertanyaan dalam teks prosedur.

9. Terdapat kalimat deklaratif
Adanya kalimat deklaratif  yang berisikan  pernyataan.
Demikian ulasan mengenai pengertian, struktur, ciri, tujuan, langkah-langkah, dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur. Semoga bermanfaat.