Pengertian dan macam-macam topologi jaringan komputer adalah informasi dasar yang harus dikethui oleh teknisi komputer atau Anda yang menyukai dunia otak-atik PC. Topologi jaringan komputer adalah suatu konsep atau caraguna menghubungkan beberapa PC sekaligus ke dalam satu jaringan yang saling terkoneksi, baik koneksi internet maupun sharing data. Ada bermacam-macam topologi jaringan yang akan bebeda dari segi kecepatan transfer data dan sebagainya. Dari segi biaya, kelebihan dan kekurangan pun masing-masing memiliki nilai sendiri-sendiri. macam-macam topologi jaringan ada ring, bus, star, mesh dan tree. Penjelasan dan pengertiannya akan dibahas berikut ini, selamat menyimak.



Topologi Ring

Ring artinya lingkaran, maka penjelasan drai topologi ini adalah setiap komputer dihubungkan dengan komputer lain, begitu seterusnya hingga kembali pada komputer yang pertama. Jadi sambungannya hanya melingkar saja. topologi ini menggunakan token data untuk mengontrol penuh akses pada masing-masing komputer berkaitan dengan data. Misalnya ketika hendak saling mengirimkan file antar komputer. Kelebihan dari topologi ring adalah terletak pada kemudahan pemasangan, kabel lan yang dibutuhkan hanya sedikit saja dan akan menghemat biaya. Sementara kekurangannya adalah sebab bentuknya yang melingkar, bila salah satu saja kabel ada yang mengalami masalah atau kerusakan, maka semua komputer akan mengalami hal yang sama pula. Pribahasa yang tepat untuk menggambarkan tipologi ini adalah ‘bersatu kita teguh , bercerai kita runtuh’.


Topologi Bus

Pengertian dan macam-macam topologi jaringan khusunya topologi jenis ini memiliki susunan yang rapi seperti antrian bus dan kabel yang digunakan hanya satu kabel coaxial. Setiap komputer yang terhubung menggunakan konektor BNC. Dua ujung kable coaxial harus diakhiri oleh terminator. Kelebihan dari toplogi jenis ini adalah kabel yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga hemat biaya sekaligus ruang dan tenaga untuk pemasangan. Sementara kekurangannya adalah letak gangguan yang sulit dideteksi akibat susunannya yang antri, selain itu gangguan tersebut juga akan menggaggu komputer lain. Bila jarak terlalu jauh, maka harus menggunakan repeater untui menguatkan sinyal.

Topologi star



Dengan menggunakan topologi ini, masing-masing komputer dihubungkan ke sebuah hub atau switch yang susunannya seperti bintang. Hub atau switch menjadi pusat atas jaringan dan mengontrol lalu lintas data atas masing-masing komputer. Komputer yang menggunakan toplogi ini ketika mengirimkan data, maka tak perlu mengantri ke komputer lain sebab data akan dikirimkan ke hub atau switch, lalu kemudian disalurkan ke komputer tujuan. Topologi inilah yang saat ini paling sering digunakan akibat kepraktisannya. Kelebihan dari topologi ini adalah mudahnya mendeteksi gangguan pada salah satu komputer akibat tidak ada antrian pada komuter. Selain itu tingkat keamanan data menjadi lebih tinggi. Namun sayangnya di mana ada kelbihan, di situ ada kekurangan yang harus ditanggung pula. pemasangan dan instalasi topologi jenis ini lumayan mahal  karena membutuhkan jumlah kabel dan hub yang banyak. Selain itu, tetap akan ada gangguan yang menjangkiti topologi ini, yakni pada saat hub mengalami gangguan, maka semua komputer akan mengalami gangguan pula.

Pengertian dan macam-macam topologi jaringan kali ini hanya baru bisa disebutkan 3 saja akibat keterbatasan tempat dan waktu. Sebenarnya masih ada beberapa jenis tipologi lainyang bisa Anda coba. namun untuk pemasangan komputer, dengan memilih salah satu dari tiplogi tersebut sudah lebih dari cukup. Semoga informasi yang diberikan kali ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Terima kasih.