Banyak sekali orang yang menjadikan kebiasaan membaca berita setiap akan memulai aktivitas setiap hari. Dengan membaca berita, kita akan mengetahui kondisi atau apa yang telah terjadi di luar sana. Tata tulis dan gaya bahasa dalam teks berita sangat berpengaruh terhadap ketertarikan seorang pembaca. Oleh sebab itu, sangat penting untuk diketahui cara membuat teks berita yang benar bagi para penulis teks berita.



Pengertian

Teks berita adalah teks yang berisi sebuah informasi mengenai suatu kejadian yang benar-benar nyata atau fakta. Teks berita selain tertulis, biasanya juga di siarkan melalui televisi dan radio sebagai bahan informasi berita terbaru mengenai suatu kejadian.

Informasi yang terkandung dalam teks berita harus memenuhi pertanyaan 5 W + 1 H. Ini merupakan sebuah rumus yang biasa digunakan oleh pembuat berita dalam menyusun teks berita. Rumus tersebut adalah sebuah singkatan kata tanya dalam bahasa inggris, yaitu:

1. What – pertanyaan ini menanyakan peristiwa apa yang sedang terjadi. Dan pertanyaan ini merupakan dasar sebuah informasi diberitakan. Dengan pertanyaan ini, kita bisa membuat topik berita maupun judul berita.
2. Who – pertanyaan yang ditanyakan ialah mengenai siapa pelakon dalam peristiwa tersebut. pelakon yang dimaksud bisa berupa tokoh utama, tokoh pembantu, maupun, tokoh penengah. Siapapun bisa disebutkan dalam berita untuk memperjelas kejadian apa yang sedang terjadi.
3. Where – tempat kejadian perkara adalah jawaban dari pertanyaan ini. Dengan jawaban tersebut, kita bisa mengetahui dimana peristiwa tersebut terjadi.
4. When – kejadian suatu peristiwa memiliki waktu kejadian, baik itu berupa hari maupun siang atau malam. Dengan unsur ini, kita bis amengetahui waktu kejadian perkara.
5. Why – untuk pertanyaan ini, akan menjawab kenapa peristiwa terjadi. Hal ini akan mengorek latar belakang peristiwa atau asal usul peristiwa itu terjadi.
6. How – pertanyaan terakhir ini akan memberikan gambaran secara detail, bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

Dengan semua rumus penyusun teks berita, kita bisa mengetahui informasi suatu kejadian dengan detail dan akurat. Dalam kata lain bahwa, penggunaan rumus ini sangat penting untuk dilakukan dalam pembuatan suatu berita.

Struktur

Supaya berita yang kita tulis dapat dibaca dan dimengerti oleh para pembaca berita, dalam penulisan teks berita harus sesuai dengan struktur penulisan teks berita. Berikut penjelasannya.

1. Orientasi Berita
Bagian ini menjelaskan mengenai pembukaan berita, dimana terdapat informasi awal sebelum berita di jelaskan lebih detail. Pada bagian orientasi berita ini pula, menjadi sebuah penentu apakah si pembaca berita akan melanjutkan membaca berita atau tidak. Jadi penulis teks berita diharapkan menggunakan bahasa yang menarik pada bagian awal ini.
2. Peristiwa
Bagian selanjutnya ialah menarasikan peristiwa yang akan diberitakan. Pada bagian ini semua informasi terkait berita harus dijelaskan dengan singkat, padat, dan tepat. Sebab, pada bagian peristiwa ini pembaca akan memahami kebenaran dari suatu teks berita.
3. Sumber Berita
Bagian terakhir berisi tentang sumber informasi yang di paparkan dari peristiwa yang akan diberitakan. Sumber ini tidak harus diletakkan diakhir, artinya penempatannya bisa dimana saja.


Ciri

Untuk memberikan kesan yang baik bagi pembaca, ada baiknya teks berita harus memenuhi ciri teks berita yang baik, diantaranya: berita harus seuai fakta, bukan berita yang berulang-ulang alias basi, aktual, di tulis dengan gaya bahasa yang menarik, judul berita harus bisa mewakili isi berita, bersifat objektif, dll.


Tujuan


Tujuan adanya teks berita ini ialah untuk memudahkan orang mengetahui informasi terbaru dari sebuah peristiwa yang terjadi. Dengan begitu wawasan setiap orang yang membaca berita akan semakin bertambah.

Kaidah Kebahasaan


Selain penjelasan di atas, teks berita juga memiliki kaidah kebahasaan yang harus diterapkan. Adapun kaidah kebahasaan yang dimaksud, antara lain: adanya keterangan, verba intransif, verba pewarta, verba transif, kalimat majemuk, kalimat langsung, dan kalimat tidak langsung
Sekian dan Terima kasih.