Macam-macam majas dan contohnya kali ini akan membahas mengenai majas perbandingan. Sebelum mengulas mengenai majas perbandingan itu sendiri, ada baiknya untuk mengetahui apa itu majas. Majas adalah gaya bahasa atau perumpaan, dapat juga dikatakan sebagai kiasan yang menambah kesan tertentu pada sebuah kalimat baik itu langsung ataupun tidak langsung. Nuansa imajinatif akan ditangkap oleh pembaca atau pendengar kalimat bermajas. Untuk majas perbandingan sendiri, sesuai seperti namanya, majas ini akan menampilkan kesan perbandingan dalam suatu kalimat. Majas perbandingan sendiri ada banyak sekali jenisnya. Kali ini hanya akan dibahas 4 majas saja untuk mempersingkat waktu.

Majas Perumpamaan (Asosiasi)
Majas perumpaan secara singkatnya adalah membandingkan dua hak yang jauh berbeda tapi dinilai sama. Dua hal diperbandingkan dengan dalih memiliki kemiripan sifat. Ciri paling umum dari majas ini adalah menggunakan kata ibarat, bagai, laksana, bagaikan, seumpama, bak dan kata lain yang mencerminkan dua hal yang sejenis. Majas ini sering digunakan baik pada sebuah kalimat yang ditulis maupun kalimat obrolan secara langsung. Contoh kalimat majas perumpamaan (asosiasi)
1. Bagai pinang dibelah dua
2. Bagai pungguk merindukan bulan
3. Senyummu bak telaga madu
4. Rambutmu seumpama mayang terurai
5. Omongannya ibarat tong kosong berbunyi nyaring
6. Semangatnya amat keras bagaikan batu
7. Bagai mengukir di atas air

Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalah majas yang membanding-bandingkan benda mati yang seolah memiliki sifat yang sama dengan mahluk hidup, utamanya manusia. Intinya majas ini mengibaratkan bend yang mati memiliki sifat atau bisa mengerjakan sesuatu layaknya manusia. Contoh majas personifikasi adalah sebagai berikut ini:
1. Angin membelai lembut wajah sang putri
2. Ombak laut menyeret pengunjung pantai
3. Bintang pun tersenyum
4. Alam pun merestui
5. Ranting yang berdering
6. Matahari sangat gembira kelihatannya
7. Rumput bergoyang seakan mengerti

Majas Metafora
Adapun macam-macam majas dan contohnya selanjutnya adalah majas metafora. Majas ini secara implisit tak memiliki artinamun secara eksplisit mampu mewakili sebuah tujuan dan maksud yang tersembunyi dalam sebuah kalimat. Majas metafora sejatinya memperbandingkan secara analogis, dua hal berbeda. Majas ini adalah majas yang dipakai untuk mengungkapkan suatu hal secara tidak biasa. Berikut contohkalimat bermajas metafora:
1. Hatinya seputih salju
2. Dia adalah anak emas ibunya
3. Polisi mengamankan para sampah masyarakat
4. Sinar raja siang sangat menyengat sekali
5. Nanda menjadi bintang kelas dan mendapat ranking 1 berulang kali
6. Janga menjadi tikus berdasi yang makan uang rakyat
7. Ketulusannya semurni embun pagi

Majas Simbolik
Majas simbolik adalah majas yang menggambarkan suatu kalimat dengan menggunakan objek lain seperti benda, hewan, tumbuhan dan lain-lain. Biasanya majas ini menggunakan simbol atau kalimat umum yang mudh dimengerti oleh orang banyak.contoh kalimat bermajas simbolik:
1. Doni seolah dijadikan kambing hitam atas segala perkara yanga ada
2. Sungguh durhaka anak yang membawa ibunya sendiri ke meja hijau akibat permasalahan harta
3. Laki-laki hidung belang diciduk polisi di klub malam
Macam-macam majas dan contohnya khususnya majas perbandingan telah diulas sedikit tadi. Majas perbandingan paling banyak digunakan dalam penulisan buku-buku berupa novel dan cerita pendek. Puisi juga banyak yang menggunakan majas perbandingan, biasanya majas metafora yang digunakan. Semoga artikel singkat ini dapat membantu pencarian Anda. Terima kasih.