Genre musik merupakan pengelompokan musik sesuai kemiripan antara lagu yang satu dengan yang lain. Selain itu, genre suatu lagu juga bisa dikelompokan berdasarkan darimana ia berasal. Genre bisa diartikan sebagai teknik, gaya, konteks, dan tema dari musik. Ada cukup banyak genre musik dan setiap genre tersebut memiliki keunikan dan cirinya masing-masing. Berikut adalah macam-macam genre musik beserta pengertian dan contohnya.



Macam-Macam Genre Musik Beserta Penjelasan dan Contoh Lagunya
1. Musik Klasik
Musik klasik memiliki harmoni serta nada yang indah sehingga banyak sekali orang yang mengagumi musik klasik. Bahkan menurut beberapa penelitian, musik klasik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, kualitas tidur, menaikan mood, serta menambah kecerdasan otak. Musik klasik meraih puncak kejayaannya pada zaman klasik yakni tahun 1740 sampai dengan 1830. Contoh lagu bergenre klasik yang populer antara lain Symphony no.5 karya L.V.Beethoven, Spring karya A.Vivaldi, dan Canon in D major karya L.V.Beethoven..


2. Musik Blues
Blues merupakan genre musik asal penduduk Afro, Amerika. Musik jenis ini tercipta dengan konotasi perasaan frustasi serta melankolis. Musik blues juga lahir dari budak Afrika di Amerika yang menggunakannya sebagai musik pujian dan spiritual. Genre musik blues selanjutnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu Delta Blues, Chicago Blues, Texas Blues, da Blues Rock. Transfromasi musik blues cukup fenomenal dari yang awalnya yang dihina, kini menjadi genre musik kelas atas. Contoh lagu yang termasuk dalam genre ini adalah Pride and Joy karya Stevie Ray Vaughan, The Thrill is Gone karya B.B. King, dan Dust My Broom karya Elmore james.

3. Musik Jazz
 Jazz pertama kali lahir pada awal abad ke-20 di Amerika. Genre musik Jazz merupakan hasil improviasasi dari berbagai jenis genre dan musik lainnya seperti blues, ragtime, dan brass band. Ada beragam instrumen musik yang digunakan dalam musik Jazz seperti biola, saksofon, piano, drum, gitar, bass, termopet, dan trombone. Contoh lagu yang masuk dalam kategori jazz antara lain Could it Be karya Raisa, Ain’t Misbehavin’ karya Fast Waller, dan Take Five karya Dave Brubeck.


4. Musik Pop
Genre musik yang palig easy listening adalah pop yang berasal dari kata “Populer”. Genre ini pertama kali berkembang pada tahun 1918 dan mulai masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1920. Awalnya, musik pop hanya dijadikan sebagai pengiring Tari Tango yang melankolis dan menggunakan anda Minor. Namun mulai tahun 1940, musik pop menjadi salah satu genre musik yang paling diminati di seluruh dunia dengan ragam irama seperti Salsa, Conga, Mombo, Samba, dan lain sebagainya. Contoh lagu pop antara lain safe of you karya Ed Sheeran, What About Love karya Austin Mahone, dan Love Story karya Taylor Swift.

5. Musik Reggae
Musik ini seringkali dianggap dan dikaitkan dengan jiwa muda, pemberontakan, atau anak laki-laki kasar. Musik reggae memiliki keunikan tersendiri yaitu menggunakan ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Genre yang berasal dari Jamaika ini memiliki kemiripan dengan musik rockstedy dan ska. Karena memang musik reggae mengambil unsur yang berasal dari kedua musik tersebut. Contoh lagu reggae yang populer antara lain No Woman No cry karya Bob Marley, One Love karya Peter Tosh, dan Redemption Song karya Bob Marley.

Itulah macam-macam genre musik beserta penjelasan dan contoh lagunya, semoga bermanfaat untuk anda.