Selamat malam sahabat ilmuku , setelah sebelumnya saya lebih sering membahas pelajaran bahasa indonesia kali ini saya akan membahas pelajaran sejarah mengenai kolonialisme dan imperialisme, apakah sobat-sobat sudah mengetahui apa itu kolonialisme dan imperialisme ? jika belum mari simak penjelasannya.

Kolonialisme ialah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia diluar batas negaranya, seringkali untuk mencari ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah terserbut. Istilah ini menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat daripada yang dikolonikan.

Macam-Macam Kolonialisme
Kolonialisme terbagi menjadi 6 yaitu :

  1. Koloni Netral yaitu pendudukan sebuah wilayah untuk tempat tinggal.
  2. Koloni Deportasi yaitu daerah koloni digunakan untuk menempatkan tahanan politik.
  3. Koloni Libensraum yaitu terjadi ledakan penduduk di negara induk, sehingga sejumlah orang mencari ruang hidup di wilayah baru.
  4. Koloni Defensi yaitu daerah koloni berupa pulau-pulau untuk kepentingan pertahanan.
  5. Koloni Domisili yaitu penduduk suatu negara menduduki daerah koloni.
  6. Koloni Eksploitasi yaitu daerah koloni dieksploitasi SDA dan SDM nya untuk keuntungan financial.
Kolonialisme ialah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia diluar batas negaranya
Tujuan Imperialisme
Berdasarkan tujuannya imperialisme dibagi menjadi dua bagian yaitu :
  1. Imperialisme Kuno (Ancient Imperialism). Yaitu suatu negara merebut negara lain untuk menyebarkan agama, mendapatkan kekayaan dan menambah kejayaannya. Inti dari imperialisme kuno adalah semboyan 3G gold,glory, and gospel (kekayaan,Kejayaan, dan Penyebaran Agama).Imperialisme ini berlangsung sebelum revolusi industri dan di pelopori oleh Portugal dan Spanyol.
  2. Imperialisme Modern (Modern Imperialism). Inti dari imperialisme modern ialah kemajuan ekonomi. Imperialisme modern timbul sesudah revolusi industri. Industri besar-besaran (akibat revolusi industri) membutuhkan bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas. Mereka mencari jajahan untuk dijadikan sumber bahan mentah dan pasar bagi hasil industri, kemudian juga sebagai tempat penanaman modal bagi kapital surplus.
Berdasarkan Pandangan Sektor
Berdasarkan pandangan sektor yang ingin direbut imperialisme dibagi menjadi empat bagian yaitu :
  1. Imperialisme Ekonomi
  2. Imperialisme Politik
  3. Imperialisme Kebudayaan
  4. Imperialisme Militer
Nah itu sedikit penjelasan mengenai Kolonialisme dan Imperialisme yang bisa anda pelajari semoga bermanfaat.