Jaringan MAN disebut juga sebagai jaringan wilayah  (metropolitan area network). Jaringan MAN adalah jaringan kota yang cakupannya sangat luas dari 10 KM hingga 50 KM untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Bisa juga untuk menghubungkan satu gedung ke gedung yang lain atau satu kantor ke kantor yang lain.

Mengenal Jaringan MAN
Jaringan MAN berkecepatan lebih tinggi dibandingkan jaringan LAN. Jaringan MAN terdiri dari gabungan beberapa jaringan LAN. Jaringan LAN yang ada di setiap tempat dihubungkan dengan Jaringan LAN lainnya dengan bantuan sebuah teknologi baru yang dikenal dengan nama WIMAX. Peralatan ini digunakan dengan tujuan membuat sebuah jaringan MAN, sehingga jaringan tersebut tidak memerlukan Kabel untuk mencapai jaringan LAN lainnya. Untuk mencapai jaringan lain cukup menggunakan sebuah frekuensi.
Untuk dapat membuat sebuah jarigan MAN, diperlukan operator telekomunikasi untuk menghubungakan jaringan komputer. Operator telekomunikasi tersebut misalnya penyedia jasa Telkom.
Jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai pangatur data yang masuk dan keluar. Akan tetapi jaringan MAN tidak memiliki elemen switching seperti jaringan LAN. Hal ini dilakukan untuk membuat jaringan dapat digunakan lebih mudah dan simpel. Terdapat dua jenis koneksi yang digunakan dalam jaringan MAN yaitu koneksi menggunakan cara wireles dan koneksi yang menggunakan kabel fiber optic.

 Penggunaan Jaringan MAN
Contoh penggunaan Jaringan MAN adalah pada sistem perbankan. Perbankan terdiri dari satu kantor utama dan beberapa kantor cabang. Kantor utama yang terletak  jauh dari kantor cabang membutuhkan sebuah jaringan yang dapat membagikan informasi serta data yang harus selalu update dan real time. Untuk menjawab kebutuhan ini maka digunakanlah  jaringan MAN yang dapat membagi informasi dari satu kantor cabang ke kantor cabang yang lain bahkan ke kantor pusat.
Di setiap kantor cabang tentunya mempunyai sebuah jaringan LAN.   Penggabungan jaringan LAN yang berada di kantor cabang yang satu dengan yang lainnya  akan membentuk sebuah jaringan MAN.

Ciri-Ciri dan Fungsi Jaringan MAN
Ciri-ciri jaringan MAN antara lain adalah


1. Area yang dijangkau nya yaitu bekisar antara 10 hingga 50 km dan bias nya di gunakan di daerah kota.
2. Jaringan MAN digunakan untuk  beberapa  pengguna jaringan untuk mengakses data yang tidak hanya bisa dijangkau oleh jaringan LAN.
3. Jaringan MAN memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, sehingga mempermudahkan untuk berbagi infomasi data  antara satu jaringan dengan jaringan lainnya.

Fungsi Jaringan MAN sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan internal dari sebuah perusahaan dan pemerintahan. Contoh penggunaan Jaringan MAN adalah ATM bank. Kebutuhan untuk selalu update informasi dan mengirim data serta menerima data yang cepat  menyebabkan jaringan MAN sangat cocok untuk kebutuhan Bank.

Kelebihan jaringan MAN antara lain adalah
1. Server berfungsi sebagai pusat data yang dapat di akses oleh jaringan LAN yang lain.
2. Transaksi dilakukan secara real-time,
3. Dengan kecepatan yang tinggi data selalu terupdate
4. Cakupan wilayah dari jaringan lebih luas
5. Komunikasi yang lebih luas

Kekurangan jaringan MAN di antaranya:
1. Biaya pembuatan jaringan MAN lebih mahal di bandingan jaringan lainnya
2. Instalasi yang tidak cukup mudah
3. Jika terjadi masalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya
4. Dapat menjadi target para hacker untuk keuntungan pribadi

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian dari jaringan MAN serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi yang tertulis di atas dapat membantu kamu untuk lebih jauh lagi mengenal akan jaringan MAN dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.