Jaringan komputer  ialah sesuatu yang terhubung dengan adanya kabel kabel jaringan, atau gelombang radio.  Agar memastikan jaringan komputer terhubung, diperlukan baik pada tempat documentary, print, dan sarana sumber lainnya untuk saling berbagi. Jaringan Komputer sebetulnya sistem jaringan komputer dimana komponen-komponen komputer memiliki tugasnya  dan saling berkomunikasi melalui jalur didalamnya masing-masing. Antara otak komputer yang biasa kita sebut CPU, Memori baca mesin atau ROM,  dan memori penyimpanan sementara.  Dan Komputer itu sendiri akan menjalankan perintah apa yang Anda ketik di keyboard , membantu menjalankan proses aplikasi software dan masih banyak peranan untuk jaringan komputer.  Lalu bagaimana jaringan komputer pada untuk perusahaan? Terkait hal ini, ada beberapa jaringan komputer untuk perusahaan yang biasa digunakan.
Jaringan Of LAN (Local Area Network)
Ketika Anda ingin memakai jaringan ini, koneksinya offline maksudnya tidak terhubung dengan koneksi jaringan apapun. Namun koneksi jaringannya terbatas namun, meski begitu banyak dari perusahaan yang memakai jaringan LAN ini. Sebab memudahkan para user melakukan pengiriman data atau file tidak dalam bentuk jaringan namun menggunakan media seperti flashdisk, CD-DVD, R/RW.  Untuk contoh, dalam sebuah
perusahaan seseorang staff HRD meminta pada Anda untuk mengirimkan atau melihat data karyawan. sebagi kepentingan gaji yang akan diberikan. Anda bisa memakai jaringan LAN ini.
Jenis Jaringan Lan ini pun, terbagi dua jenis yaitu client to server bisa melakukan akses informasi dari serves secara bersamaan, membutuhkan komputer server untuk kepuasan data, komputer induk, dan komputer
sebagai usernya. Dan peer to peer LAN yang secara sederhanan membutuhkan dua komputer  server maupun client. Perihal keamanan dalam jaringan komputer LAN ini data terjaga jika ada cracker yang akan melakukan pembobolan pada sebuah perusahaan.
Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network)
Berskala besar,cocok untuk kantor-kantor perusahaan yang berdekatan. Umumnya, jenis jaringan yang
akan dipakai ialah client to server dimana menjadi pusatnya bagi client yang terhubung di jaringan MAN ini. Misalnya ada sebuah perusahaan A yang memiliki 3 kantor pada kota M,  dan 2 Kantor pada kota N total jumlah kantor yang dimiliki ada 5 kantor dengan nama kantor 1, 2, 3, 4, dan 5. Namun memiliki jaringan LAN sendiri, agar bisa mengubungkan Jaringan LAN kantor 1 sampai 5. Maka membutuhkan jaringan komputer yang berskala besar yaitu MAN,  yang mampu melayani kebutuhan semua kantor, meski berbeda lokasi namun masih berada dalam kota yang berdekatan. Perangkat keras yang gunakan oleh Man ini salah satunya
ialah bridge, bisa dikatakan perangkat paling penting dalam membangun jaringan MAN secara utuh. Sebab, Bridge berfungsi untuk mencakup jaringan LAN yang besar pada masing-masing kantor. Dalam jaringan MAN ini,  ada 2 jenis pilihan bridge yang bisa digunakan yaitu Bridge Remote, terkait harganya lebih tinggi dan sedikit memakan waktu untuk installer melakukan perangkat kabel. Karena jenis bridge ini, didesain untuk melakukan pembangunan koneksi jaringan metropolitan. Masih menggunakan prinsip kabel jaringan untuk mengabungkan Jaringan LAN menjadi jaringan MAN.
Bridge
Wirreweles
  lebih efektif sebab koneksinya tanpa kabel, yang tidak menyulitkan seperti memakai perangkat
kabel yang harus mengeluarkan tenaga lebih untuk instalasi kabel.  Untuk proses transmisi data lebih praktis. Namun, saat berada dalam situasi cuaca yang tidak mendukung, rentan akan gangguan sinyal karena cuaca.