Melakukan interaksi sosial merupakan salah satu hal vital yang harus dilakukan oleh setiap orang sebagai manusia. Pada umumnya, setelah menyapa, percakapan akan dilanjutkan dengan memperkenalkan diri ataupun mengenalkan orang lain kepada orang lain. Sebagian besar orang tidak memiliki kesulitan dalam membuat pendahuluan perkenalan. Namun, akan menjadi masalah bagi beberapa orang untuk melakukan pengantar dengan menggunakan bahasa asing. Bisa jadi karena rasa tidak percaya diri saat menggunakan bhasa asing, atau karena memang sama sekali tidak memiliki pengetahuan bagaimana cara memeperkenalkan diri menggunakan bahasa asing, terutama dengan bahasa inggris. Bagaimana dengan kamu?

Membuat perkenalan dengan baik dan percaya diri akan menjadi kesan yang tersendiri bagi orang lain. Maka, hal itu akan menjadi hal sederhana namun sangat krusial, karena meninggalkan kesan baik terhadap diri kita sendiri. Tapi, Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Dengan artikel ini, saya akan memberi Anda beberapa ungkapan dalam bahasa inggris dan cara yang tepat yang dapat digunakan untuk mengenalkan diri Anda, ataupun memperkenalkan orang lain dengan santai dalam percakapan santai, atau dengan sopan dalam percakapan formal.

Cara Introducing dalam Bahasa Inggris

Keika Anda bertemu orang lain di bus, kereta api, atau pesawat terbang. Alangkah baiknya jika Anda tidak menghabiskan waktu perjalanan dengan berdiam diri. Jadi, mari mulai bercakap-cakap dengan pasangan duduk Anda di samping Anda dengan mengenalkan diri Anda. Hal ini bisa dimulai dengan mengatakan,

Hi, I Am George from New York.’

Pastikan bahwa Anda tersenyum sambil mengatakan pengantar itu dan mengajak bersalaman. Jika Anda ingin mengenalkan teman perjalanan Anda, apakah dia keluarga, teman atau orang lain, jangan segan mengenalkannya.

Katakanlah, ‘This is Marry, my wife.’  dengan tetap tersenyum. Anda dapat memberikan informasi tambahan tentang perjalanan Anda, jika pasangan percakapan Anda tertarik dengan perkenalan Anda. Maka, selamat menikmati membangun hubungan pribadi dengan teman barumu.

Introducing pada Pertemuan Formal

Jika Anda menghadiri pertemuan bisnis atau wawancara untuk pekerjaan, perkenalan secara formal dan sopan adalah suatu keharusan. Ini akan memberi dampak yang besar jika Anda mengatakan sesuatu yang tidak sopan atau menyebalkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena melakukan kesalahan. Santai saja, dan bangun kepercayaan diri Anda. Kemudian, perkenalkan diri Anda dengan mengucapkan salam dulu.

Contoh:

‘Hello, good morning.’

Kemudian, Anda bisa melanjutkan perkenalan dengan mengucapkan nama lengkap anda terlebih dahulu. ‘My Name is  Ali Masykur’.

Dan akan baik jika Anda mendahuluinya dengan mengatakan, ’Let me introduce my self…’

Jika mungkin, Anda bisa memberikan beberapa informasi pribadi. Anda mungkin dapat menceritakan tentang karir Anda, tingkat akademis Anda, atau langsung mengatakan tentang tujuan pertemuan bisnis Anda. Tapi, penting untuk dianalisis, apakah itu perlu atau tidak. Jangan beritahu sesuatu yang tidak terlalu penting, atau tidak berhubungan dengan pertemuan, hal itu akan sangat mengganggu peserta lainnya.

Jika Anda ingin memperkenalkan orang lain dalam sebuah pertemuan atau percakapan formal, Anda dapat langsung mengatakan,

‘Let me introduce my business partner, her name is Maria Smith’.

Jangan lupa untuk menjaga bibir Anda untuk tetap  tersenyum dan menjabat tangan.

Jadi, melakukan sebuah perkenalan itu hal yang sangat sederhana, bukan?  Anda hanya perlu membangun kepercayaan diri Anda, yang ditunjukkan oleh mata dan gesture Anda. Selain itu, tetap tersenyum dan berjabat tangan ada dua hal yang wajib.