Internet! Kata tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di dengar, apa lagi di tahun baru 2018 ini, di mana hampir semua hal di lakukan di internet tersebut, banyak cara yang dapat di lakukan untuk dapat mengakses internet tersebut, salah satu nya dengan menggunakan komputer.

 

Komputer sendiri juga sudah banyak sekali di gunakan di mana mana, di tempat kerja, di universitas, di warnet bahkan juga di sekolah. Penggunaan internet di komputer pun bermacam-macam, kita bisa bermain game dengan menggunakan internet, kita bisa belajar dan mencari tahu informasi yang kita inginkan dengan internet, kita bahkan bisa melihat banyak hal menarik lainnya bila kita terhubung dengan internet.
Namun untuk penggunaan internet di komputer sendiri perlu menggunakan kabel jaringan, pernahkah Anda mendengar kata kabel jaringan komputer? Bagi para pengguna internet yang memakai komputer di luar sana pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel jaringan, karena jika Anda memiliki sebuah komputer, Anda harus memasang sebuah kabel jaringan agar dapat menikmati internet dengan komputer Anda.
Meskipun di tahun 2018 ini sudah banyak sekali orang orang yang menggunakan wireless sebagai penghubung mereka ke internet, karnena selain mudah di pasang nya, penggunaan wireless juga termasuk murah dan praktis, namun masih banyak juga di luar sana yang menggunakan kabel jaringan sebagai penghubung mereka dengan internet.
Apa itu Kabel Jaringan?
Kabel jaringan dasarnya adalah sebuah hardware atau perangkat keras dari sebuah komputer itu sendiri, namun hardware tersebut di desain atau di rancang agar berbentuk seperti kabel , kabel jaringan ini berguna untuk menghubung kan komputer satu dengan komputer lainnya agar komputer komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi daya.
Ada beberapa tipe dari kabel jaringan,jika kalian telah mengetahui tentang topologi jaringan, kalian harus tahu bahwa tiap pemasangan suatu topologi jaringan harus menggunakan kabel jaringan dengan tipe tertentu agar sesuai dengan topologinya.
Tipe-tipe Kabel Jaringan
1.      Twisted Pair Cable
Terdiri dari kabel kabel yang berpasangan, kabel ini mempunyai prinsip kerja menghantarkan sinyal atau arus yang di dapatkannya dari sumber, ada 2 jenis kabel yang di miliki oleh twisted pair cable ini, yakni Unshielded Twisted Pair atau biasa di sebut UTP dan juga Shielded Twisted Pair yang biasa di sebut dengan STP.
2.      Coaxial Cable
Kabel yang memiliki 2 penghantar di dalam nya, sama hal nya dengan twisted pair cable, kabel ini juga menghantarkan sinyal atau arus yang di dapat kannya dari sumber yang kemudian di antarkannya menuju tujuan yang di inginkan
Fungsi Kabel Jaringan
Fungsi utama kabel jaringan ini adalah adalah untuk mengantarkan seluruh data yang di dapatkannya dari server menuju ke user lain atau client. Dengan adanya kabel jaringan ini, user, client, dan server akan selalu terhubung satu sama lain, dan membuat segala nya semakin mudah dan cepat.
Biaya pemasangan untuk dapat menggunakan kabel jaringan lebih murah dari pada menggunakan wireless, namun jika Anda memiliki tempat yang luas akan di butuhkan banyak sekali kabel yang mungkin akan lebih mahal daripada menggunakan wireless.
Sekian dari saya, semoga sedikit informasi yang saya bagikan tentang kabel jaringan di atas dapat membantu meskipun sedikit, karena telah mengetahui fungsi utama kabel jaringan dan juga sedikit dari kelebihan dan kekurangannya, saya harap Anda dapat mempertimbangkan akan menggunakan kabel jaringan atau wireless untuk mengakses internet dari tempat Anda.