Hai, apakah teman-teman tahu apa itu jerapah? Saya cukup yakin kalau teman-teman tentu saja telah tahu apa itu jerapah, tapi bagaimana kah teman teman tahu kalau itu adalah jerapah? Bagian dari tubuhnya yang mana, kah yang membuat kalian yakin kalau itu adalah jerapah? Anda pasti bertanya-tanya mengapa tiba-tiba saya menanyakan tentang jerapah. Hal ini dikarenakan pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas descriptive Text.

Yup, kita pasti tahu apa itu descriptive text atau teks deskripsi, tapi biarkan saya memberikan penjelasan. Teks deskripsi adalah sebuah teks yang memberitahukan tentang apa dan bagaimana seseorang atau sesuatu itu terlihat. Sebuah text yang bisa membuat Anda yakin tentang sesuatu, teks yang cukup penting bukan?

Tujuan dari teks deskripsi ini sendiri adalah untuk mendeskripsikan dan juga menunjukan suatu bagian khusus atau bagian yang iconic dari sebuah benda, hewan, manusia atau bahkan sebuah tempat.

Anda juga bisa mengatakan kalau teks deskripsi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang bagaimana seseorang atau sesuatu itu terlihat. Teks tersebut menjelaskan tentang bentuknya, jumlahnya, habitat atau tempat tinggalnya dan bahkan sifat yang dimilikinya.

Generic Structure of Descriptive Text

  1. Identification : berisi gambaran umum tentang sesuatu yang ingin di deskripsikan.
  2. Description : berisi suatu bagian special atau tertentu pada sesuatu yang ingin di deskripsikan.

Descriptive text juga mempunyai ciri nya tersendiri

Characteristic of Descriptive Text

  1. Menggunakan attribute verb.
  2. Menggunakan simple present tense
  3. Hanya fokus pada satu objek saja, yakni objek yang sedang di deskripsikan.

Di bawah ini adalah contoh atau sescriptive Text.

Descriptive Text – Example

Giraffe

Giraffe is an Animal, one of the famous animals in the whole word. We see them in the zoo, we see them in TV, and see them on the children books. Giraffe only eat leaves and grass, we can say that giraffe is a friendly animal if we are not disturbing them, Giraffe live together with its herd, they also included as a cute animal and that’s why every children love giraffe.

Giraffe has a very special characteristic. It is its long neck. Giraffe is a mammals that also has a claw, it believes that giraffe is also the highest animal that life in the ground.  “Giraffa camelopardalis” is its scientific name, Giraffe have small horns or knob on top of their head, those small horns are used to protect the head when fighting.

Seperti yang bisa anda lihat pada contoh yang baru saja saya berikan, paragraph pertama adalah gambaran umum dari jerapah, itulah identification pada descriptive text. Dan paragraf ke dua adalah description atau deskripsinya, karena pada paragraph kedua di contoh yang telah saya berikan menjelaskan semua bagian tertentu pada jerapah.

Sekarang karena anda telah mengtahui bagaimana cara untuk mendeskripsikan sesuatu, saya harap anda bisa mendeskripsikan apapun yang ingin anda deskripsikan, cukup mudah bukan? Apalagi jika anda ingin untuk mendeskripsikan sesuatu yang anda cintai, saya yakin hal tersebut akan terasa lebih mudah bagi Anda.

Saya rasa cukup dari saya tentang Descriptive Text, saya harap teman teman belajar hal baru dari saya, dan setelah ini anda bisa mencoba untuk mendeskripsikan apapun yang anda inginkan. Terima kasih banyak dan sampai jumpa.