Iklan adalah media komunikasi untuk mempromosikan suatu produk yang digunakan oleh semua produsen untuk menawarkan produk mereka. Dengan bantuan iklan, produk-produk yang ditawarkan lebih cepat terjual dari pada tidak menggunakan media iklan. iklan yang dimaksud bisa berupa sebuah tayangan di televisi dan radio maupun berupa sebuah tulisan. Berikut saya jelaskan cara mudah membuat teks iklan.



Pengertian

Teks iklan adalah sebuah tulisan yang berisikan informasi mengenai promosi suatu produk. Teks iklan selain menampilkan tulisan, juga memberikan sebuah gambar sebagai variasi untuk menarik pembaca untuk membaca iklan tersebut. Karena kebanyakan yang kita tahu bahwa buku yang isinya hanya tulisan saja cenderung jarang dibaca dari pada buku yang berisi beberapa gambar.

Untuk menghasilkan iklan yang baik, ada baiknya Anda harus mengikuti rumus penulisan teks iklan AIDCA, yaitu sebagai berikut:

1. Attention: Perhatian
2. Interest: Minat
3. Desire: Kebutuhan/Keinginan
4. Conviction: Rasa percaya
5. Action: Tindakan

Struktur

Struktur teks iklan merupakan suatu aturan penulisan dalam membuat atau menyusun sebuah teks iklan. Pada dasarnya, sebuah iklan baik itu yang dipublikasikan melalui televisi, radio, maupun media cetak memiliki struktur yang berbeda. Struktur teks iklan secara umum yaitu sebagai berikut:
1. Judul
Meskipun tidak semua iklan mencantumkan judul, namun judul ini terbilang penting. Penempatan judul pada teks iklan terletak dibagian paling atas dari teks iklan. Namun sebagian iklan meletakkan nama produk dibagian atas sebagai pengganti judul. Judul ditulis dengan menggunakan huruf yang besar dan tebal. Hal ini bertujuan agar dapat langsung dibaca oleh pembaca.
2. Sub Judul
Biasanya berisi tentang informasi penting terkait produk yang ditawarkan kepada konsumen, seperti keunggulan produk. Hal ini bertujuan untuk menarik hati pembaca dan berusaha agar si pembaca mau melanjutkan bacaannya.
3. Amplifikasi atau Perluasan
Berisikan gambaran produk yang dijual, seperti spesifikasinya, cara mendapatkan produk, alamat, dan nomer telepon yang bisa dihubungi.

Dengan adanya struktur penulisan teks iklan, diharapkan pembaca dapat memahami dan tertarik untuk membeli produk yang ada dalam iklan tersebut.

Ciri

Untuk membuat teks iklan yang baik, ada baiknya Anda memperhatikan ciri iklan yang baik berikut ini:
1. Sasaran pemasaran harus jelas. Hal ini untuk menentukan media iklan yang akan digunakan. Sehingga produk yang akan dijual bisa tepat sasaran dan pada akhirnya produk akan laku terjual.
2. Mempunyai daya tarik tertentu. Hal ini bertujuan agar pembaca yang sedang melihat-lihat suatu bahan bacaan bisa memfokuskan dirinya untuk lebih memilih membaca iklan yang dipasang. Daya tarik yang dimaksud bisa berupa desain lay out yang menarik.
3. Pilihlah slogan dengan kata-kata pada dan berisi. Dengan begitu pembaca yang membaca slogan tersebut bisa mengingatnya dengan baik dan benar.

Tujuan

Teks iklan dibuat untuk mempromosikan produk-produk yang ingin ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen akan terbujuk dan mengingat produk iklan tersebut. Dengan adanya teks iklan yang biasanya di selipin di koran atau majalah, pembaca akan mendapat pengetahuan juga berupa produk-produk. Apabila tertarik, para pembaca akan mencoba untuk membelinya, tentu hal ini akan memberikan keuntungan bagi produsen dari pada tidak memasang iklan.

Kaidah Kebahasaan

Kaidah kebahasaan teks iklan terdiri dari aturan penulisan dan pemakaian bahasa yang digunakan dalam teks iklan. dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang baik dan benar tentu iklan yang Anda tulis akan mendapat perhatian dari pembaca. Adapun kaidah kebahasaan yang dimaksud, sebagai berikut:
1. Menggunakan slogan
2. Menggunakan subyek orang pertama
3. Menggunakan kalimat persuasif

Sekian dan Terima kasih