Hallo teman – teman dalam blog kali ini saya akan memberikan ilmu tentang cara menggunakan Bootstrap kepada kalian semua.

Ada dua cara menggunakan Bootstrap. Cara pertama adalah dengan mendownload Boostrapnya terlebih dahulu lalu memasang Bootstrap ke proyek web anda. Cara yang kedua adalah dengan merujuk file-file Bootstrap secara langsung dari CDN ke proyek web, tanpa mendownload file apapun.  Oke saya akan menjelaskan cara pertama dulu.

A. Mendownload Bootstrap Terbaru

Untuk mendownload Bootstrap versi terbaru, Anda dapat mengunjungi situs resmi Bootstrap di https://getbootstrap.com/
Situs Resmi Bootstrap
Klik tombol Download yang ada di halaman awal.

B. Memasang Bootstrap

Untuk memasang Bootstrap yang telah anda download, ekstrak terlebih dahulu file bootstrap-4.0.0-beta.2.rar. Anda akan mendapat folder seperti gambar dibawah ini .

Salin dan tempatkan folder tersebut kedalam proyek web anda. Anda bisa menempatkanya di root (direktori utama) website anda, atau buat folder khusus, misalnya folder dengan nama template. Sekarang Bootstrap anda siap diterapkan ke halaman-halaman web di proyek anda.

C. Menggunakan Bootstrap CDN

Selain mendownload lalu memasang Bootstrap secara internal di proyek web anda seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda juga bisa memilih cara yang kedua, yaitu merujuk langsung file-file Bootstrap dari CDN.
Cara ini lebih praktis karena anda tidak harus mendownload file-file Bootstrap anda cukup merujuk file CSS dan file Javascript Bootstrap dari sebuah CDN.
Cara yang pertama anda rubah :
<link href=”template/assets/css/docs.min”>
Menjadi :

<link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.0.0-beta.2/css/bootstrap.min.css" integrity="sha384-PsH8R72JQ3SOdhVi3uxftmaW6Vc51MKb0q5P2rRUpPvrszuE4W1povHYgTpBfshb" crossorigin="anonymous"

Demikian juga rubah file javascript dari :

<script src=””>template/assets/js/docs.min.js</script>
Menjadi :

<script src="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.0.0-beta.2/js/bootstrap.min.js" integrity="sha384-alpBpkh1PFOepccYVYDB4do5UnbKysX5WZXm3XxPqe5iKTfUKjNkCk9SaVuEZflJ" crossorigin="anonymous"></script>
Nah itu sedikit ilmu dari saya tentang Cara menggunakan Bootstrap, Semoga bermanfaat Terimakasih