Ingatlah, sapaan yang baik akan meninggalkan kesan yang baik. Bisa Anda bayangkan jika tidak ada sapaan dalam kehidupan manusia? Bagaimana jadinya? Yang ada hanya saya dengan kepentingan saya, dan Anda dengan kepentingan Anda, dan juga mereka dengan masalah mereka sendiri. Tidak ada kata ‘kita’. Mungkin hal ini akan menciptakan kehidupan yang membosankan. Maka, menjalin hubungan baik adalah salah satu hal penting dalam membangun kehidupan yang penuh warna. Dan itu dimulai dengan sapaan. Menyapa orang yang ada di sekitar kita akan menciptakan atmosfir positif. Jadi, itu adalah suatu keharusan, untuk menyapa orang lain.

Cara Menyapa dalam Bahasa Inggris dengan Baik

Setiap hal memiliki peraturan tersendiri, sama halnya dengan sapaan. Kita harus mempertimbangkan waktu, tempat, dan siapa orang yang kita sapa. Jika tidak, sapaan kita akan menjadi sesuatu yang aneh, atau yang terburuk, sesuatu yang mengganggu orang lain. Menyambut orang dengan benar adalah dengan melakukannya sesuai dengan cara yang mereka inginkan. Kita ingin diperlakukan seperti yang kita inginkan, benarkah? Jadi, sambut saja mereka seperti yang diinginkannya.

Lalu, penting bagi kita untuk mengetahui dengan baik, bagaimana menyapa orang dengan benar dan percaya diri? Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah tentang situasi, apakah itu percakapan formal atau informal. Jika Anda dalam pertemuan formal seperti dalam rapat bisnis, diskusi akademis, atau wawancara kerja, Anda dapat menggunakan ungkapan ini:

Good morning!

How are you, today?

How is everything?

Hello!

How are doing?

Penting untuk diketahui bahwa , ‘How are you doing’ memiliki arti yang berbeda dengan, ‘What are you doing?

Yang pertama adalah semacam sapaan yang memiliki arti yang sama dengan, ‘How are you?’ Sedangkan yang ke dua adalah bertanya tentang tindakan apa yang sedang kita lakukan saat itu. Jadi, pastikan Anda menyapa orang dengan cara dan ungkapan yang tepat.

Akan berbeda situasi jika kita bertemu dan kemudian menyapa teman yang belum pernah melihat untuk waktu yang lama. Maka, Anda bisa menggunakan beberapa ungkapan di bawah ini:

It’s always a pleasure to see you.

It’s been too long.

How long has it been?

What have you been up to all these years?

What’s new?

It has been a long time.

Ketika Anda bertemu teman di tempat atupun suasana yng santai dan informal, seperti di taman, kafe atau pusat perbelanjaan, Anda tidak perlu menyapa secara formal. Cukup menyapa mereka secara informal. Anda bisa mengatakan ‘Hai’ untuk menyapa mereka, lalu bertanya kepada mereka dengan menggunakan ungkapan berikut ini:

How are things?

Good to see you.

What’s up?

What’s happening?

How’s it going?

Bagaimana dengan sapaan kepada seseorang yang sudah lama tidak bertemu secara informal? Maka, Anda bisa mencoba ungkapan berikut ini:

How have you been?

Where have you been hiding?

Long time no see you

Daftar sapaan dalam bahasa inggris itu tidak  akan ada artinya jika Anda tidak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, cobalah menyapa orang lain dengan benar dan percaya diri. Cobalah mempraktikkannya dalam kondisi apapun. Ini akan membantu Anda membangun rasa percaya diri Anda dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Ingatlah bahwa sapaan yang baik akan membawa kesan yang baik yang akan menjadi kekal bagi orang lain. Maka, lihat orang yang berada kanan atau kiri Anda, dan sapalah mereka.