Asal-usul sepakbola pasti menjadi pembahasan menarik buat kamu para penggila bola. Cabang olahraga yang satu ini memang memiliki banyak peminat di seluruh penjuru dunia. Dimulai dari anak-anak hingga
lansia, semua jatuh cinta dengan si kulit bundar.For your information, ternyata sepak bola telah dimainkan sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Orang yang pertama kali memainkannya berasal dari daratan Tiongkok, yaitu pada zaman Dinasti Han. Wah, kamu pasti jadi semakin penasaran dengan sejarah sepak bola, kan?

Negara di Dunia yang Pertama Kali Memainkannya Tiongkok menjadi negara yang pertama kali memainkan si kulit bundar itu. Di zaman Dinasti Han, sepak bola merupakan permainan yang dilakukan sehari-hari oleh masyarakat dengan cara menggiring bola kulit menuju gawang yang terbuat dari jaring kecil. Jepang sebagai bagian dari kawasan Asia Timurpun tidak mau ketinggalan dengan negara tetangganya. Di Jepang sendiri permainan sepak bola disebut dengan nama Kemari. Kemari  adalah permainan tradisional masyarakat Jepang yang ada di zaman Heian, yaitu zaman ketika huruf asli Jepang muncul untuk pertama kali. Permainan tersebut dimainkan oleh para pemain yang mamakai pakaian lengkap tradisional kerajaan. Beralih ke benua Eropa. Italia adalah negara Eropa pertama yang memainkan sepak bola, yaitu sejak abad ke-16.  Di Italia, permainan sepak bola disebut dengan nama Calcio Storico. Anehnya dalam permainan tersebut, pemain boleh berlaku brutal pada pemain lain selama pertandingan. Baku hantam menjadi hal yang lumrah dalam Calcio Storico, sehingga banyak menimbulkan korban. Untungnya saat ini sepak bola sudah tidak dimainkan secara brutal di Italia.

Kemunculan Sepak Bola Modern
Inggris menjadi negara pertama munculnya sepak bola modern di dunia. Sepak bola modern di Inggris telah menetapkan aturan dasar permainan sehingga digemari oleh masyarakat. Bertempat di Stadion Freemasons
Tavern, pada tahun 1863, 11 klub dan sekolah berkumpul di sana untuk merumuskan aturan baku permainan tersebut.
Antara Soccer, Football, dan Rugby
Istilah Soccer dan Rugby lahir akibat pemisahan permainan sepak bola di tahun 1969. Dalam permainan Rugby, pemain dibolehkan membawa bola dengan tangan, sedangkan dalam permainan Soccer pemain hanya dibolehkan menggiring bola dengan kakinya. Inggris sangat membenci orang-orang yang menyebut
sepak bola dengan sebutan Soccer. Inggris menganggap nama yang tepat untuk sepak bola hanyalah Football. Namun Amerika Serikat dan Australia tetap saja ngeyel dengan menyebut sepak bola dengan Soccer. Hal itu membuat Daniel Gooch berapi-api serta ingin membentur orang Amerika Serikat dan Australia itu ke tembok.

Induk Organisasi Sepak Bola di Dunia

FIFA (bahasa Perancis: Federation Internationale de Football Association) adalah induk organisasi sepak bola di dunia. FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 dengan markas yang ada di Zurich, Swiss. Di tahun 2004, FIFA berhasil meraup keuntungan sebesar 144 juta Dollar FIFA bertugas mempromosikan sepak bola, mentransfer pemain antartim, memberikan gelar pada pemain terbaik sedunia, serta menerbitkan daftar negara peringkat dunia FIFA tiap satu bulan sekali.
Asosiasi Regional FIFA
Asosiasi regional bertugas melaporkan pengamatan perkembangan sepak bola di dunia pada FIFA. Seperti namanya, asosiasi ini bertanggung jawab sesuai dengan wilayah yang diembannya. Di wilayah Asia, asosiasi regionalnya bernama AFC. Di wilayah Eropa dan Afrika, masing-masing nama asosiasi regionalnya adalah UEFA dan CAF. Sedangkan Amerika memiliki asosiasi regional yang terpisah, yaitu CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), dan CONMEBOL (Amerika Serikat).
Nah, itulah asal-usul
sepak bola
dan bagian penting yang menarik untuk diketahui.