Lombok merupakan sebuah pulau di Indonesia dengan kekayaan alamnya yang begitu mempesona. Orang mungkin lebih mengenal Lombok sebagai surganya pantai dan olah raga air seperti surfing. Di balik keindahan alamnya, pulau yang terkenal dengan pantai Gili Trawangan ini juga memiliki  kekayaan budaya. Salah satunya dapat dilihat dari keanekaragaman alat music tradisional yang dimainkan oleh masyarakat Lombok. Berikut ini kami sajikan beberapa alat musik daerah Lombok.

 

1.     Mandolin
Mandolin merupakan salah satu alat musik tradisional yang terdapat di Lombok. Alat musik petik ini biasanya di mainkan bersamaan dengan alat musik lainnya seperti genggong dan lainnya. Mandolin memiliki bentuk serupa dengan biola yang memiliki dawai. lagu-lagu tradisional Lombok seringkali diiringi dengan alat musik ini. Selain itu, ada tarian khas Lombok yaitu tari rudat yang musik pengiringnya menggunakan alat musirk mandolin.
2.     Genggong
Alat musik daerah Lombok selanjutnya yaitu genggong. Cara memainkannya cukup unik dimana harus berpasangan. Genggong mulanya terdiri dai dua kata yaitu “geng” yang berarti nada tinggi dang “gong” yang artinya nada rendah. Nada tinggi diibaratkan pria sementara nada rendah adalah wanita. Itulah mengapa cara memainkan alat musik tiup ini harus berpasangan. Material yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah pelepah daun enau. Suara atau bunyi yang dihasilkan oleg genggong cukup unik yaitu menyerupai suara katak. Genggong sering digunakan dalam mengiringi lagu-lagu daerah maupun dalam tarian.
3.     Gendang Beleq
Gendang beleq merupakan alat musik tradisional yang digunakan oleh suku Sasak Lombok sejak lama. Kehadirannya pun sempat mengalami pasang surut. Dengan kesadaran warga suku Sasak akan pentingnya memelihara warisan leluhur, gendang beleq menjadi salah satu kesenian yang terkenal di Lombok. Bentuk gendang beleg sendiri cukup besar yang menyerupai beduk masjid. Hal itu terpengaruh ole budaya Islam yang berkembang di suku Sasak. Alat musik ini dimainkan oleh sekelompok orang yang terdiri dari 15 samapai 17 orang laki-laki.
4.     Gambus
Pengaruh budaya Islam di Lombok memang cukup besar sehingga berpengaruh pada alat musik daerah yang dimilikinya. Salah satunya adalah gambus yang jua dapat di jumpai di negaraa-negara Islam seperti Timur Tengah. Alat musik petik ini bisa digunakan bersama-sama dengan alat musik lain atau pun dimainkan secara sendiri. Biasanya gambus digunakan sebagai musik pengiring saat adanya pesta pernikahan. Selain itu, tarian zapin dan lagu-lagu tradisional Lombok juga menggunakan Gambus sebagai musik pengiring.
5.     Sober
Sober adalah alat musik yang terbuat dari pelepah daun enau sama halnya dengan genggong. Alat musik ini cukup sederhana dan dan juga menghasilkan bunyi yang unik. Sober seringkali di mainkan bersamaan dengan alat musik lain sperti gendang dan gambus. Uniknya lagi, nama alat musik ini ternyata diambil dari salah satu nama penduduk desa Pengadangan yaitu Amaq Sober. Eksistensi sober sebagai alat musik tradisional Lombok masih bertahan hingga kini. Waktu yang seringkali digunakan untuk memainkan alat musik ini adalah saat bulan purnama muncul di setiap bulannya. Cukup unik bukan?
6.     Semprong
Semprong merupakan alat musik tradisional Lombok yang terbuat dari kayu selelo da nada juga yang terbuat dari bamboo sentul. Kehadiran alat musik ini sudah hamper jarang dijumpai di Lombok sendiri. Bentuk dari semprong sendiri menyerupai terompet dan mengjasilkan buyi yang khas dimana akan mengingatkan pendengarnya pada suara-suara lam seperti ombak, hujan, dan lainnya. Alangkah syahdunya mendengarkan alat musik semprong ini.